-->
Cloud Hosting Indonesia

#2 : Instal Laravel


Install Laravel v.5.8 di Windows 10

Pengembangan website akan terasa lebih mudah jika menggunakan tool yang tepat. Contohnya pemilihan framework php yang akan digunakan

Framework yang baik adalah framework yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi web yang akan Anda bangun. Tidak hanya itu, framework juga harus bisa menyederhanakan proses pembuatan dan menghasilkan performa yang aplikasi web yang lebih maksimal.

Nah! Salah satu framework yang sangat populer saat ini adalah Laravel. Framework ini terkenal kesederhanaannya dan menghasilkan aplikasi web yang powerful.

Artikel ini akan membahas bagai mana cara instalasi laravel pada windows 10.

Apa Itu Laravel....?

Laravel menawarkan beberapa keuntungan ketika Anda mengembangkan website menggunakan dasar framework ini.

  • Pertama, website menjadi lebih scalable (mudah dikembangkan).
  • Kedua, terdapat namespace dan tampilan yang membantu Anda untuk mengorganisir dan mengatur sumber daya website. 
  • Ketiga, proses pengembangan menjadi lebih cepat sehingga menghemat waktu karena Laravel dapat dikombinasikan dengan beberapa komponen dari framework lain untuk mengembangkan website.

Source: www.laracast.com 


Cara Install Laravel 5.8

Tahap pertama untuk install laravel 5.8, kita harus memastikan bahwa seluruh persyaratan pada server telah terpenuhi sehingga laravel dapat di gunakan dan berjalan dengan baik.
Berikut persyaratannya :
  • PHP >= 7.1.3
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Seluruh persyaratan tersebut dapat terpenuhi dengan menginstall xampp versi 7.1.3 atau di atasnya.

2. Download dan Install XAMPP 7.1.3

Langkah ke 2 untuk install Laravel 5.8, kita harus mendowload dan menginstall xampp versi. 7.1.3 atau versi terbarunya. Xampp merupakan sebuah server solution stack package yang terdiri atas program Apache HTTP Server dan MySQL database yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Click here to download XAMPP 7.1.3

3. Download dan Install Composer

Langkah ke 3 untuk install Laravel 5.8, kita harus mendowload dan menginstall composer. Composer merupakan aplikasi package manager untuk bahasa pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP.

Click here to download Composer.

4. Install Laravel 5.8

Setelah xampp dan composer terinstall, sekarang kita sudah bisa untuk install laravel 5.8 dengan bantuan command prompt (cmd), dengan cara :

Buka command prompt dengan cara menekan tombol winsows + R dan ketikan cmd lalu lakukan enter. Lalu masukan perintah : “cd c:\xampp\htdocs” (letak folder htdocs dan xampp kalian) pada command prompt untuk masuk kedalam file htdocs.

Langkah selanjutnya, masukan perintah : “composer global require laravel/installer” pada command prompt untuk menginstall laravel 5.8.

composer global require laravel/installer

Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap 2.

Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap ke 3 Install Laravel 5.8
Setelah itu maka project telah dibuat di dalam folder htdocs kalian. Kalian bisa melakukan cek secara langsung dengan membuka folder htdocs kalian.

5. Membuat Project

Setelah laravel 5.8 sudah terinstall maka kita sudah dapat membuat project dengan menggunakan laravel 5.8. Untuk membuat sebuah project kita hanya perlu untuk memasukan perintah : “composer create-project – -prefer-dist laravel/laravel nama project” pada command prompt untuk membuat project.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel "nama project"

Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap Ke 1 Membuat Project
Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap Ke 2 Membuat Project

Setelah itu maka laravel telah terinstall di dalam sistem kalian. Lalu kalian sudah bisa untuk membuat project menggunakan laravel.

Cara Install Laravel 5.8

6. Menampilkan Project

Setelah project di buat, untuk menampilkan project kita perlu memasukan perintah :
“cd c:/xampp/htdocs/nama project” untuk masuk kedalam file project yang kita miliki.
Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap ke 1 Menampilkan Project
Langkah selanjutnya adalah masuk kedalam file project di command prompt Langkah selanjutnya adalah masuk kedalam file project di command prompt dengan memasukan perintah : “php artisan serve” pada command prompt.
Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap ke 2 Menampilkan Project
Langkah terakhir setelah melakukan perintah “php artisan serve” pada cmd. Selanjutnya kita tinggal membuka web browser dan membuka localhost dengan domain : “localhost:8000” maka tampilan dari project laravel yang kalian miliki akan terlihat.

Cara Install Laravel 5.8
Cara Install Laravel 5.8, Tahap ke 3 Menampilkan Project
Jika tampilan sudah terlihat maka project laravel 5.8 kalian sudah berhasil di buat, tahap selanjutnya adalah melakukan editing project untuk membuat website terbaik kalian dengan laravel 5.8.


Laravel Adalah Framework Terbaik Anda!

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu Laravel. Laravel adalah framework yang cukup istimewa karena mempunyai segudang fitur dan packages yang dapat Anda tambahkan sendiri. Jika Anda menginginkan framework yang sederhana untuk membuat aplikasi web yang cukup kompleks, saya rasa Laravel adalah salah satu pilihan framework terbaik. Namun, tentu saja Anda perlu menyesuaikan kebutuhan dari aplikasi web yang Anda kembangkan.

Semoga artikel mengenai apa itu Laravel ini bermanfaat untuk Anda. Jika masih ada pertanyaan atau tambahan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Anda bisa subscribe untuk terus mengikuti terus informasi terbaru dari kami mengenai dunia teknologi, bisnis, digital marketing, dan tentu saja layanan hosting.


0 Response to "#2 : Instal Laravel"

Post a Comment