-->
Cloud Hosting Indonesia

Human Computer Interaction


The Human

  1    Manusia memiliki kapasitas terbatas untuk proses informasi, informasi ditermia dan tanggapan
diberikan melalui jumlah saluran input dan output, diantaranya :
1.1 Visual Channel/Saluran Penglihatan
1.2 Auditory Channel/Saluran Pendengaran
1.3 Movement/Gerakan

2     Informasi disimpan dalam memori :
2.1 Short-term Memory/Memori Jangka Pendek
2.2 Long-term Memory/Memori Jangka Panjang

3.    Informasi diproses dan diterapkan :
3.1 Reasoning/Pemikiran
3.2 Problem Solving/Penyelesaian Masalah
3.3 Skill Acquisition/Akuisisi Ketermapilan
3.4 Human Error/Kesalahan Manusia



  Emosi dapat mempengaruhi kemampuan manusia dan juga pengguna berbagi kemampuan yang sama tetapi bersifat individu dengan perbedaan yang seharusnya tidak diabaikan.
Istilah Input dan Output Chanel pada manusia terjadi pada indra dan output melalui kontrol motor dari efektor, meskipun saluran tertentu mungkin memiliki saluran utama berperan sebagai input atau output dalam interaksi, kemungkinan besar juga digunakan dalam peran lainnya. Misalnya, penglihatan dapat digunakan terutama dalam menerima informasi dari komputer, tetapi juga dapat digunakan untuk memberikan informasi ke komputer.


1.1 Visual Chanel/Saluran Penglihatan
      Vision dimulai dari cahaya, mata adalah mekanisme untuk menerima cahaya yang asumsinya dapat menerima berbagai informasi.

1.2 Auditory Chanel/Saluran Pendengaran
      Sistem pendengaran dapat menyampaikan banyak informasi tentang lingkungan kita. Tapi, bagaimana caranya,,?
Sama seperti penglihatan, pendengaran dimulai dengan gertaran atau gelombang suara, telinga menerima getaran ini dan mentransmisikannya melalui berbagai tahap, telinga terdiri dari tiga bagian umumnya dikenal sebagai telinga luar, tengah dan dalam.

1.3 Movement/Gerakan
      Saluran input-output manusia dengan pertimbangan kontrol motorik dan bagaimana cara kita bergerak memengaruhi interkasi kita dengan komputer.


Bagian 2
    Banyak informasi yang dapat manusia simpan dari berbagai elemen indra yang sudah tadi disampaikan penulis diantarnya ada dua hal yang perlu diketahui bahwa indra yang terpancar di setiap human dapat tersimpat di memori.

2.1 Short-term Memory/memori jangka pendek
      Yaitu daya ingat yang secara spontan dapat kita penggil kapan saja dan hilang begitu saja, contoh seperti ketika kita sedang mengerjakan suatu soal matematika yang dapat kita cari jawabannya secara spontan.

2.2 Long_term Memeori/Memori jangaka panjang
     Atau bisa disebut ingatan jangka panjang.


Bagian 3

3.1 Reasoning/Pemikiran
     Pemikiran atau penalaran adalah proses dimana kita menggunkan pengetahuan yang kita miliki untuk menarik suatu kesimpulan atau menyimpulkan sesuatu yang baru tentang domain yang diminati, atau sarana untuk menyimpulkan suatu informasi baru dari apa yang telah diketahui.

3.2 Problem Solving/Penyelesaian Masalah
      Pemecahan masalah adalah proses menemukan solusi untuk tugas yang tidak dikenal, menggunakan pengetahuan yang kita miliki. Pemecahan masalah manusia ditandai oleh kamampuan beradaptasi, informasi yang kita harus hadapi dengan situasi baru.

3.3 Skill Acquisition/Akuisisi Keterampilan
      Manusia dapat memperoleh keahlian dari bidang tertentu secara bertahap. Kita dapat memahami bagaimana keahlian didapatkan dan bekerja dengan melihat perbedaan antara perilaku seorang awam dan ahli.

3,4 Human Error/Kesalahan Manusia
      Suatu masalah atau kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan manusia yang mengakibatkan ketidak nyamanan atau gangguan, upaya substansi untuk memperbaiki kadang-kadang kesalahan dapat mengakibatkan efek bencana seperti, ketika kita melihat kesalahan manusia menyebabkan kecelakaan pesawat atau kebocoran pembangkit nuklir.
Related Posts